Berita  

Apresiasi Pasar Jabar Juara, Wali Kota Depok: Solusi Bidang Perekonomian

KOTA DEPOK — Pemerintah Kota Depok mengapresiasi Pemda Provinsi Jawa Barat yang telah merevitalisasi Pasar Jabar Juara Sawangan Kota Depok. Peresmian revitalisasi pasar tersebut dilakukan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Jumat (8/4/2022).

 

“Dan ini khususnya rasa syukur yang mendalam bahwa pembangunan Pasar Rakyat Jabar Juara kita sudah saksikan saat ini berdiri tegak,” ucap Wali Kota Depok Mohammad Idris.

 

Menurut Idris, revitalisasi tersebut merupakan solusi dalam bidang perekonomian sekaligus ketertiban.

 

“Ini yang memang sebelumnya kurang tertib, ya sekarang Alhamdulillah. Insyaallah dengan berdirinya Pasar Rakyat Jabar Juara ini dengan bantuan dari Pak Gubernur yang tidak sedikit dalam pembangunannya,” katanya.

 

Idris berharap, seluruh masyarakat Kota Depok menjadikan pasar tersebut sebagai tempat untuk meningkatkan perekonomian dan mendukung visi Depok Maju Berbudaya Sejahtera.

 

“Tempat ini juga harus menampilkan sesuatu hal yang berbudaya jadi budaya bersih, budaya rapi, budaya tertib,” ujar Idris.

 

“Kami harapkan sekali lagi, mudah-mudahan, upaya-upaya dan kerja sama Provinsi Jawa Barat yang pada tahun ini juga sedang banyak pembangunan yang dilakukan atas bantuan Pak Gubernur untuk Kota Depok,” imbuhnya.

 

Idris berharap, kerja sama antara Pemkot Depok dan Pemda Provinsi Jabar tidak hanya sebatas revitalisasi pasar, tetapi juga tempat-tempat lain yang merupakan area publik.

 

“Kita juga akan mengajukan beberapa proyek-proyek besar di Kota Depok antara lain taman-taman hutan Kota Depok yang kemarin Pak Gubernur sudah ke sana. Kita harapkan ini bisa banyak dibantu Pak Gubernur karena memang itu akan menjadi tempat alternatif keramaian dan juga tempat-tempat kedamaian, kebahagiaan bagi warga Kota Depok,” tuturnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Iendra Sofyan mengatakan, revitalisasi Pasar Jabar Juara Sawangan Kota Depok ini merupakan salah satu program dalam rangka mewujudkan visi misi Provinsi Jawa Barat, di antaranya Pasar Juara.

 

“Paling tidak ada dua program yang akan didorong, yang pertama dasar dilaksanakan yaitu revitalisasi pasar dari target 25 pasar sudah dibangun 21 pasar, sehingga tinggal 4 pasar lagi dari target,” kata Iendra.

 

“Kemudian yang kedua dari SNI, dari 10 yang kita targetkan, sudah 7 pasar yang SNI,” imbuhnya.

 

Iendra menambahkan bahwa biaya pembangunan Pasar Rakyat Jabar Juara Sawangan di Kota Depok merupakan bantuan dari Pemda Provinsi Jawa Barat.

 

“Kita sudah membangun dan membantu melalui bantuan keuangan sebesar Rp10 miliar melalui dana pemulihan ekonomi nasional tahun 2021,” ucapnya.