Berita  

BUBOS Kembali Digelar, Pangandaran Jadi Tuan Rumah KOAS dan KABAH Perdana

KOTABANDUNG-Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat kembali menggelar Bulan Suci Berbagi On The Street (BUBOS) 2022 pada Bulan Ramadhan tahun ini. Acara puncak dijadwalkan digelar pada 23 April 2022 di Alun-alun Kabupaten Kuningan. Acara akan dikemas seperti pelaksanaan tahun sebelumnya yaitu secara hybrid dengan melibatkan warga Jabar yang ada di luar provinsi bahkan hingga mereka yang di luar negeri.

 

Menuju puncak BUBOS 2022, panitia pelaksana menggelar rangkaian kegiatan Kontes Juara Anak Soleh (KOAS) dan Buka Berkah (KABAH) di tiga daerah yaitu di Kabupaten Pangandaran yang akan dilaksanakan pada Senin 11 April 2022, Kabupaten Karawang pada 13 April 2022 dan Kota Bandung 14 April 2022.

 

Pada KOAS, panitia BUBOS akan menggelar tiga lomba yaitu lomba azan, dai cilik dan tahfizh juz 30 untuk anak-anak di tiga wilayah tersebut, di mana masing-masing daerah mencakup sembilan kota dan kabupaten. Seperti Pangandaran yang menjadi tuan rumah bagi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka,

Kabupaten Kuningan, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, dan Kota Tasikmalaya. Sisanya dibagi ke dua wilayah yaitu Karawang dan Kota Bandung.

 

Sementara itu untuk KABAH, pelaksanaannya sama dengan KOAS pada hari yang sama. Kegiatannya yaitu dengan mengunjungi keluarga prasejahtera sekitar Mesjid Agung Kota/Kabupaten setempat dengan membawa rantang cinta berisi makanan untuk berbuka, sembako, dan bingkisan lain juga pemeriksaan kesehatan oleh dokter.

 

Tak hanya itu, pada rangkaian BUBOS 2022 akan juga digelar bersih-bersih masjid agung di tiga tempat tersebut.

 

Ketua Pelaksana BUBOS 2022 dr. Siska Gerfianti mengatakan, saat ini pihaknya akan melaksanakan rangkaian pertama di Kabupaten Pangandaran dengan menggelar KOAS dan KABAH dan juga bersih-bersih Masjid Al-Istiqomah yang akan dibantu oleh Jabar Bergerak, PKK dan sponsor.

 

“Akan hadir Ketua Umum BUBOS 2022 Ibu Atalia Praratya dan juga Bupati Pangandaran,”ucap Siska saat dihubungi, Minggu (10/4/2022).

 

Selanjutnya kegiatan serupa akan digelar di Karawang dan juga Kota Bandung. “Nanti juara-juara dari KOAS di tiga daerah ini akan diumumkan pada puncak acara di Masjid Agung Alun-alun Kuningan,” katanya.

 

Sebagai gambaran umum, kata Siska, BUBOS 2022 merupakan gelaran yang telah dilaksanakan enam kali dengan tahun 2022 ini. Namun dikarenakan situasi pandemi, BUBOS yang biasanya buka puasa bersama di jalan kini disesuaikan dengan berbagi makanan pada sesama dan juga yang membutuhkan.

 

Pada tahun ini BUBOS 2022 mengusung tema Bergaya atau berbagi dalam keragaman budaya.

 

“Pada puncaknya nanti ada rangkaian lagi namanya Rantang Cinta dengan target 1 juta Rantang Cinta yang berasal dari ASN, Pramuka, Guru dan siswa didik di Jabar serta komunitas yang dibagikan untuk kaum duafa maupun tetangga terdekat,” ucapnya.

 

Selain itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Forkopimda akan turut mengadiri puncak BUBOS 2022 di Kuningan.

 

Adapun acara puncaknya dari Kuningan menjadi pembeda pada pelaksanaan BUBOS sebelumnya yang dihelat di halaman Gedung Sate. Selain itu, Kuningan menjadi suasana baru sembari memanfaatkan hasil pembangunan di daerah dan juga promosi daerah setempat.